Friday, January 11, 2013

Pusaka Kuliner Desa ke Kota

(Sumber foto: Risfan Munir)

"Pusaka kuliner" termasuk pusaka budaya yang paling dekat dengan kita. Soto Madura, nasi "Buk" Madura, sesuai namanya tentu heritage khas etnik Madura.

Salah satu depot/warung soto Madura di kota Malang adalah yang ada di jalan Lombok. Oleh karena itu disebut "Soto Lombok." Warung ini bisa disebut melestarikan pusaka kuliner Soto Madura, karena setia dengan usaha ini selama lebih dari setengah abad. Menu yang populer ialah "soto ayam".

"Nasi Buk" (Duro) sesungguhnya nasi campur (rijstafel) dengan sayur nangka muda, gorengan "dendeng ragi", daun kemangi, pilihan gorengan, dan seterusnya. Di kota Malang yang terkenal yang ada di Jl Kidul Dalem, buka pagi-siang.

Yang menarik "Nasi Buk" ini juga ada di caffee-shop/resto Hotel Tugu, satu boutique hotel yang terkemuka di Malang. Foto diatas menunjukkan "Nasi Buk" yang disajikan semeja dengan bunga poinsettia saat menjelang hari Natal. Soto Madura, Nasi Buk dari makanan tradisional rakyat, berhasil dilestarikan, dan diadopsi sebagai menu masa kini di tengah budaya kontemporer kota. (@masrisfan)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment