Friday, January 11, 2013

Tahun Pusaka Indonesia 2013

Tahun Pusaka Indonesia 2013 (TPI-2013) dicanangkan BPPI, Badan Pelestari Pusaka Indonesia. TPI-2013 ini mengangkat tema "Pusaka untuk Kesejahteraan Rakyat" (Heritage for Community Welfare).

Ini bagus kalau kita sambut, dukung, sebagai momentum untuk memupuk "cinta pusaka". Baby steps yang bisa dilakukan mulai dengan memfasilitasi masyarakat: menikmati kuliner, memakai baju bahan tradisional, nonton pagelaran seni, mengunjungi museum, kampung tradisional terdekat. Termasuk mengunjungi obyek-obyek alam, panorama gunung dan lembah, ke pantai, pulau-pulau kecil.

Tahun Pusaka Indonesia 2013 bisa dihidupkan dengan menyelenggarakan berbagai "festival". Festival tarian tradisional, teater rakyat tradisional, macapat, tembang, dan sejenisnya. Juga festival fotografi obyek Pusaka.
Menyelenggarakan wisata pusaka, dengan mengunjungi berbagai lokasi yang kaya aset pusaka. Baik pusaka alam, pusaka budaya, dan pusaka saujana.
"Generasi muda" terutama perlu ditingkatkan apresiasinya terhadap "aset-aset pusaka", yang merupakan kekuatan identitas bangsa dalam menghadapi tantangan millenium ke-4. (Twit @masrisfan)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment